Halo !!! Saya Tatik Hartanti, ini adalah blog tentang Catatan Kecil Saya

Selamat Hari Guru Nasional Indonesia 2014

Selamat Hari Guru Nasional Indonesia 2014.
Sahabat… hayoo lho ingatkah hari ini hari apa?? Aduh… aduh… pasti mikir nih.. hari apa ya?? Masak iya sih lupa?? Hari ulang tahun Si Doi aja inget , kenapa dengan hari penting seperti halnya sekarang bisa lupa iya??

Hari Guru Nasional dan HUT PGRI

Sahabat.. hari ini adalah Hari Guru Nasional Indonesia lho, tepatnya tanggal 25 Nopember . Di Indonesia Hari Guru Nasional itu diperingati bersamaan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Namun, sebenarnya Hari Guru Nasional bukanlah hari libur resmi, hari guru biasanya dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Guru di Indonesia dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Selamat Hari Guru Nasional Indonesia
Selamat Hari Guru

Berbeda halnya dengan perayaan Hari Guru Nasional di Negara lain, walaupun sama-sama se-Asia. Misalkan saja di Filipina dan Pakistan, Hari Guru ditetapkan tanggal 5 Oktober, namun biasanya juga dirayakan sekitar bulan September dan Oktober. Di Hongkong, India, Taiwan dan RRC perayaan dilakukan sekitar bulan September. Namun, apapun harinya tetaplah setiap Negara pasti mementingkan hari guru kan.

Nah sekarang… setelah tahu bahwa hari ini adalah Hari Guru Nasional Indonesia… Apa sih arti guru untuk kita semua ?? menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), guru adalah orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar. Tentu bukan hanya mengajarkan mata pelajaran aja , masih banyak hal yang lain yang Beliau ajarkan ke kita baik dari sikap, sifat atau apapun yang menjadikan kita nanti orang yang lebih bermanfaat.

Seperti halnya kata pepatah jawa, Guru itu digugu lan ditiru yang berarti bahwa seorang guru merupakan sosok yang menjadi panutan bagi siswanya dan masih ada banyak pepatah yang berhubungan dengan guru lainnya walaupun sih intinya sama. Sekarang sosok guru sudah ikut "ter-reformasi". Guru dituntut untuk memiliki ilmu pengetahuan yang selalu berkembang dan mengikuti kemajuan jaman. Sudah tidak waktunya lagi guru yang kaku, memiliki pengetahuan terbatas, dan tidak mau terbuka dengan kemajuan teknologi.

Ada sebuah lagu untuk semua guru di dunia… yang memiliki arti begitu dalam, smapi-sampai meneteskan air mata saat menyanyikannya.

Terpujilah wahai engkau Ibu Bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu
Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa

Sambil mengingat-ingat… semenjak sekolah baik dari play group, tk a, tk b, sd, smp sampai sma pasti punya kan guru favorit. !! Masa iya sih tak ada sama sekali… bohong besar tuh
Artis aja banyak yang di idolakan masa iya,,, seorang guru favorit aja tidak ada sama sekali kalau seandainya saya jadi guru bakal nangis gulung-gulung karena tak ada satupun di idolakan anak muridnya.

Kalau saya, dari SD udah punya guru favorit seorang wanita yang cantik banget dan pintar. Beliau lah yang membuat saya suka pelajaran Matematika, ilmu pasti tanpa menggunakan perasaan. Hehehe
Berbeda halnya SD yang masih unyu-unyu.., ketika SMK saya juga punya beberapa guru favorit dari mata pelajaran kejuruan, matematika, Bahasa Indonesia, dari merekalah saya mendapatkan berbagai ilmu.

Bagaimana dengan sahabat?? Pasti juga punya kok guru yang di idolakan atau bahkan sampai meniru dan ingin seperti Beliau.

Guru pahlawan tanpa tanda jasa, ilmu yang mereka berikan sangat bermanfaat untuk muridnya. Sekecil apapun itu, sangatlah berarti.

Selamat Hari Guru Nasional Indonesia 2014… Untuk seluruh guru di Indonesia, engkau pahlawan tanpa tanda jasa.

Jangan lupa  baca juga Peringatan Hari Besar lainnya. Peringatan Hari Ayah Sedunia