Halo !!! Saya Tatik Hartanti, ini adalah blog tentang Catatan Kecil Saya

Telur Sambal ternikmat ^_^

Siapa yang suka memasak? Hal yang bisa dilakukan oleh siapapun tapi jarang dilakukan.

Memasak memang menjadi salah satu ciri khas kita sebagai seorang perempuan, tapi seorang pria pun tak mau kalah juga sih :). Justru kalau dirasakan dengan betul-betul nikmat rasa masakan yang diciptakan mereka para pria jauh lebih top markotop lho.

Hal itu sih sangat wajar, karena mereka para pria kalau masak nda pernah yang namanya “pelit bumbu”. Salah satu yang menjadi kenikmatan sebuah masakan kan emang dari bumbunya. Berbeda lagi untuk para wanita, terkadang ada beberapa dari mereka yang memasak “eman bumbu”, soalnya apa mereka selalu berusaha untuk  bagaimana caranya stok si bumbu di dapur sampai 1 bulan.

Tambah lagi nih seorang wanita juga mengalami yang namanya PMS (premenstrual syndrome) , weis jangan tanya iya kalau lagi masa-masa “itu” emosi sering naik turun kayak pesawat gitu. Kadang netral, kadang emosian. Hal ini hampir terjadi pada setiap wanita, termasuk sih yang nulis ini lho. Hahaha

Berbicara soal masak memasak, saya adalah seorang pemula, layaknya bayi yang baru lahir “cenger”. Setelah resign dari tempat kerja, saya menghabiskan banyak waktu dirumah. Dapur selalu saya acak-acak dari pagi menjelang siang, kalau saja dapur itu bisa ngomong pasti dia tidak hanya ngomong tapi juga lari terbirit-birit sambil teriak “ahhhh kau… kenapa betah banget disini..” hahaha

Nah.. tepatnya  tanggal 18 april kemarin, saya pergi ke pasar, tengak-tengok kanan kiri dari beberapa ikan yang terpapar tidak ada yang menarik perhatian saya. Yang namanya “mbah bingung” tiba-tiba muncul, masak apa iya hari ini? .

Setelah “mbah bingung” pergi, akhirnya “mbah ide” itupun muncul, bagaimana kalau saya membeli telur saja? Nah .. karena saya membeli telur, keputusan untuk membuat telur sambal merupakan yang terbaik (kata boboboy) hahaha. Sambel telur merupakan salah satu makanan yang gampang dibuat dan praktis.
telur sambal
telur sambal :)


Berhubung keponakan saya alias si kucell ini orangnya pantrima (selalu menerima), hal ini dimanfaatkan saja :D

Untuk bumbunya sih saya menggunakan apa yang saya tahu saja, setiap orang kan punya bumbu masing-masing, kalau saya mah pake di bawah ini :

Resep membuat telur sambal ala saya :
Bahan yang digunakan : 

  • 4 buah telur
  • 7 buah cabai merah
  • 5 buah cabai hijau (saya memakai cabai yang katanya cabai sEtan, weisS pedes gila)
  • 2 buah bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Terasi sesuai selera (ini nih yang bikin sambel makin mantep :D ).


Kalau cara membuatnya sahabat sudah pada tahu kan?

  1. Pertama sih telur yang sudah dibeli dari pasar dicuci terlebih dahulu, setelah itu direbus selama kurang lebih 10-15 menit sampai si telur matang.
  2. Kemudian kupas bawang merah, cabai, lalu cuci hingga bersih iya.
  3. Masukkan bawang dan cabai ke dalam panci bersamaan dengan telur tadi.
  4. Setelah dirasa matang, angkat kemudian ambil telur dan masukkan ke dalam air dingin, kata mamah sih dulu hal ini untuk mempermudah ketika mengupas.
  5. Sambil menunggu telur agak dingin, sekarang kita membuat sambalnya, kunci dari makanan ini.
  6. Masukkan cabai, bawang merah, garam, penyedap rasa, gula dan terasi ke dalam cobek.
  7. Haluskan (kalau orang jawa bilang "ulek" ) bahan sambal tadi hingga halus, kalau saya sih tidak terlalu halus karena cita rasanya nanti akan berbeda.
  8. Ketika menghancurkan bumbu kenapa tidak menggunakan blender atau penghancur lainnya?, nah saya belajar untuk menikmati sensasinya sih, sensasi ketika melembutkan dengan cobek itu jauh lebih luar biasa tinimbang menggunakan blender. Rasa yang dihasilkan pun berbeda, lebih maknyuss ketika menghaluskan dengan cobek, karena kita lebih menggunakan perasaan dan tangan kita.
  9. Ini serius loh, beneran deh. Ibaratnya kita memasak sambil membeyangkan orang tercinta, jangan tanya rasanya pasti menggelegar :)
  10. Kupas telur, untuk mempercantik warna, goreng telur ke dalam wajan hingga berwarna kuning-kuning emas gitu.
  11. Setelahnya goreng sambal menggunakan api kecil iya, tambahkan telur dan biarkan bumbu meresap.
  12. Nah mungkin perbedaan sambal saya dengan yang lain adalah.. eng .. ing .. eng… hahaha saya suka menambahkan bawang goreng ke dalam sambal telur buatan saya. Tahu sendiri kan? Bagaimana nikmatnya bawang goring.
  13. Si sambal siap tersaji deh :D


Bagaimana mau mencobanya? Iya siapa tahu sahabat ada yang binggung menentukan menu hari ini, ini bisa dijadikan pilihan. Sebelumnay saya juga pernah membuat kepiting saus tiram, klik ini iyah Perang melawan kepiting

Alhamdulillah masakan selesai, seperti biasa pulang sekolah si kucel selalu mengeluarkan suaranya “ lek… pekno maem “, hahaha padahal baju seragam sekolah belum terlepas dari badan. Hmm.. ini anak.
lagi menikmati telur sambal
si kucel yang merasakan pedasnya telur sambal :)



Beberapa menit kemudian, dia mengageti saya di dapur yang tengah asik merapikan perabotan masak. Saya lirik dia mengambil nasi lagi, wahh nambah :D .

Sebelum meninggalkan saya dia hanya berkata “makane nek masak aja enak-enak, aku iyo tanduk leh” medok dengan logatnya (makanya kalau masak jangan enak-enak, aku kan jadi nambah)
Hahaha, saya hanya tersenyum.

Kenapa saya lebih suka memasak sendiri? Karena sekarang jika harus membeli itu saya merasa takut. Melihat begitu banyaknya pedagang nakal yang melakukan segala caranya untuk menghasilkan keuntungan, tanpa memperhatikan bahaya yang akan ditimbulkan. Tapi tidak semua pedagang seperti itu kok, tetap saja yang namanya mencegah lebih baik daripada mengobati.

Dan dikemudian hari, saya ingin menjadi seorang istri dan ibu yang cerdas untuk keluarga kecil nanti. Menjadi seorang ibu yang bisa memberikan sebuah hidangan menggunakan tangan sendiri, yaitu memasak. Supaya timbul kedekatan yang jauh lebih intens lagi. amin ^_^