Halo !!! Saya Tatik Hartanti, ini adalah blog tentang Catatan Kecil Saya

Resep Ceker Pedas Manis Level Setan, Bikin Nagih

Assalamualaikum :) Si gembeng mau berbagi resep ceker setan, hehehe. Sepertinya memang jabatan yang sangat cocok kok, berawal dari kesukaanku menangis. Jika dinalar memang aneh, kesukaan kok iya menangis, tapi memang dasare gembeng sih iya.

Berhubung beberapa bulan terakhir lagi gencar-gencarnya belajar memasak mulai dari membuat makanan sampai membuat kue. Kali ini saya akan berbagi tentang masakan dari ayam. Hmm apa iya? Penasaran? Hehehe

Berbicara soal ayam, hehehe gayanya aduh,, aduh.. tak apalah iya. Hampir semua dari bagian tubuh ayam ini bisa dimasak iya kawan. Mulai dari kepala, sayap, daging, ceker bahkan jeroannya lho. Hmmm.. rasanya nanti memikat lidah deh pokoknya. Hehehe


Ceker ayam pedas manis
Ceker Ayam Pedas Manis Bikin Nagih ^_^

Memasak daging udah biasa, kepala ayam udah keseringan karena suka banget. Nah masak ceker.. luar biasa banget ini. Berawal dari kebingungan menentukan menu hari itu padahal juga sudah berkeliling pasar. Iyah akhirnya mengambil langkah seribu, beli jeroan ayam sajalah.

Sampailah ke TKP, beli jeroan seperti hati, ampela dan usus ayam, namun mata ini seketika beralih pandangan,melihat ceker yang layaknya melambai-lambai ingin dibeli, hehehe :)

Dari dulu saya paling nda suka ceker, alasannya sih simple, ceker biasa digunakan untuk garuk-garuk tanah. Udah tau dong iya di tanah mungkin ada kotoran si ayam itu sendiri, ada juga injakan kaki orang. Dasarnya saya orang “jijikan” iya jalan teraman tidak mengkonsumsinya deh.

Makin kesini saya jadi paham ketika melihat mamah yang saat lebaran atau saat menyembelih ayam sendiri. Iyah. ..ternyata ceker ayam itu punya selaput kok, dan yang menginjak tanah itu bukanlah langsung si ceker, melainkan si selaputnya.

Seperti saat saya harus memasak kepiting, mau tidak mau saya harus Perang melawan kepiting.

Saat mengingat hal itu bolehlah mencoba membelinya barang seperempat kilo saja :), hehehe. Sesampainya di rumah seperti basa si kucel pasti bertanya,
“ arep masak apa lek ?” tanyanya
“ ceker pedas manis.. doyan kan?” sahutku
“ sing kayak nek tv nde ingi ku iya.. hmmm inuk ketoke lek, ndang masak iya” lanjutnya

Sebelum memasak tentunya ada yang harus dipersiapkan mulai dari alat sampai bahan-bahannya iya. Sedikit berbagi :)


Resep ceker ayam pedas manis gile :


Bahan yang dibutuhkan :
  • ¼ kg ceker ayam
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2cm lengkuas, memarkan
  • 1 bungkus kecap harga Rp. 1.500
  • Minyak secukupnya untuk menumis
  • 300 ml air

Bumbu halus :
  • 15 cabai rawit
  • 2 buah cabai merah
  • 4 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • ½ sendok teh merica
  • 1 sendok teh garam, sesuai selera
  • ½  sendok teh gula, sesuai selera
  • 1 sendok teh penyedap rasa

Cara membuat ceker ayam pedas level setan :
  1. Ambil sebuah wadah untuk mencuci ceker ayam yang tadi di beli, bersihkan selaput-selaput yang masih menempel di cekernya.
  2. Setelah itu, ambil panci rebus air hingga mendidih, selepasnya masukkan si ceker ke dalam panci sekitar 20-30 menit. Sampai tulangnya empuk, tapi tidak terlalu lunak.
  3. Haluskan semua bumbu halus, tambahkan jahe dan lengkuas yang sudah di memarkan ke dalamnya.
  4. Jika bumbu sudah halus, ambil wajan masukkan minyak sekitar 1 sendok teh. Tumis bumbu hingga berbau harum iya, setelah itu masukkan kecap dan beri air. 
  5. Setelah mendidih masukkan ceker ayam yang sudah direbus sebelumnya. Tutup menggunakan tutupan panci atau bahasa jawanya di ungkep selama kurang lebh 20 menit.
  6. Nah.. tinggal menyajikan saja lah.

Setelah berjuang beberapa menit di dapur, si kucel tba-tiba dating. Enak men iya… masakan matang langsung minta makan, hehehe. Dulu berarti saya seperti itu :D

Si kucel mengambil sebuah ceker, dan berusaha menganalisa rasanya, hmm dag dig dug lah iya.. kan perdana masak ceker :). Tau kata apa yang keluar saat itu? “ enak tenan lek,,, sesuk neh iya”.

Alhasil ceker pedas manis langsung ludes saat itu juga. Iyah.. memang begitulah dia ketika menyukai sebuah masakan, langsung tancap gas.. habiskan pokonya… hehehe. Keesokan harinya dia menagih lagi.. mana menu yang sama seperti kemarin.

Berhubung  pada kali ke 2 pembuatan, ada taster jago yang selalu memberikan komentarnya, saya hayukk aja deh masaknya. Iyah.. sekalian untuk pelipur lara atas ketagihan karena nda kumanan kemarin :)


sepertinya si taster merasa kepedasan tingkat gila :D


4 kali dalam seminggu si kucell meminta di masakkan ceker pedas manis. Bayangkan! Saya aja bosen kok, dia malah nagih lagi.. dan lagi.


Dan sebenarnya masakan enak ataupun lezat itu nda harus yang berharga mahal kok. Dengan harga yang terjangkau aja makanan itu akan terasa nikmat, kuncinya adalah saat memasak kita benar-benar menggunakan perasaan, perasaan yang bertujuan untuk memberikan kenikmatan lewat rasa yang kita ciptakan

Untuk sekedar pengetahuan, sebenarnya ceker memiliki banyak manfaat  untuk kesehatan lho, diantaranya :
  1. Kandungan zat kolagen (chicken collagen extract) pada ceker ayam setara aktivitasnya dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor. 
  2. Kandungan zat Kapur dan sejumlah Mineral, sehingga orang yang menderita rematik dianjurkan makan ceker ayam,
  3. Kandungan Hydroxyapatite yaitu salah satu makanan untuk tulang. Karena itu, mengkomsumsi cakar ayam selain dapat memelihara kekuatan tulang, Mencegah Osteoporosis juga menjaga elastisitas kulit.
  4. Kandungan Protein Kolagen dalam ceker Ayam juga sangat bagus buat pertumbuhan balita.Karena protein kolagen ayam memiliki antigen yang bersifat imunogenik yang mampu menghasilkan antibodi.
  5. Asam amino merupakan kandungan utama dari ceker ayam. Asam amino yang terdapat dalam ceker ayam antara lain: glisin,prolin,hidroksiprolin,agrinin dan lisin. Asam amino ini berfungsi untuk membentuk sel-sel baru, memperbaiki jaringan, membentuk antibodi atau daya tahan tubuh, serta menyelaraskan enzim dan hormon.
  6. Kartilago, kita menyebutnya tulang rawan. Kadarnya di ceker ayam sama dengan yang terdapat di sirip ikan hiu. Berfungsi untuk melapisi persendian dan Diyakini para ahli mampu memperbaiki kekebalan tubuh serta mencegah kanker
  7. Glukosamin dan kondroitin, dua senyawa yang berkhasiat sebagai antiradang alami yang bisa meringankan gejala radang sendi atau osteoarthritis.

Tapi, sekarang dengan banyaknya ayam yang di suntik untuk mempercepat proses pertumbuhan, juga memiliki dampak negative kok, jika kita mengkonsumsinya secara berlebih. Ayam yang dimaksud adalah ayam boiler atau ada juga yang menyebutnya ayam negeri.

Terutama untuk para wanita, karena “ Hormon pertumbuhan (growth-hormone) ayam ataupun antibiotiknya, selalu diinjeksi di bagian sayap, atau leher ayam. Sementara kaki Ayam tempat menimbun "end product" antibiotik dan turunan "second hormonal".

Dokter Ginekolof manjabarkan : Karena itu kegemaran makan sayap ayam atau kaki, akan serta merta menambah sekresi hormon bagi wanita. Akibatnya "second hormonal" tersebut akan terakumulasi menjadi TOXIN yang akan menyebabkan menjadi karsinogen, sehingga wanita pengkonsumsi SAYAP dan KAKI ayam sangat rentan terkena kanker yg berkenaan dengan kelenjar hormonal seperti :Kanker Rahim,Cervix dan Payudara.


Pada intinya sesuatu yang berlebihan itu tidak akan memberikan efek positif, yang ada hanya negative.
semoga resep ceker ayam pedas level setan ini bermanfaat :