Halo !!! Saya Tatik Hartanti, ini adalah blog tentang Catatan Kecil Saya

Ikan Mujair Saus Pedas, Yummy :)

Assalamulaikum :)
Permisi…

Tak bosan-bosannya nih Si Embeng mau lewat lagi, berbagi cerita setiap apa yang dirasakan oleh hati, terlihat langsung oleh mata dan terekam di otak, hehehe. Intinya apa sajalah yang bisa diceritakan kepada sahabat semua :)

Nah…. berhubung saya lagi giat-giatnya belajar memasak tentunya kali ini juga yang dibagikan mengenai masakan :D. Iyah namanya aja baru belajar, pasti baru mencoba-coba resep baru gitu. Si lidah memang harus pintar-pintar dalam menentukan rasa, karena yang namanya masakan intinya itu pada rasa yang dihasilkan, itu menurut saya, hehehe.

Belajar dari seorang mamah tersayang yang rasa masakannya tak terkalahkan oleh siapapun selama ini, membuat semangat saya semakin menggebu-gebu. Jika Mamah bisa membuat hidangan sederhana tapi memiliki rasa istemewa kenapa saya tidak?. Setiap orang juga sebenarnya bisa memasak selagi mau mencoba. ^_^

Saya juga memiliki sebuah impian yang mungkin terkesan biasa, Impian saya nantinya ingin menjadi seorang Ibu Rumah Tangga tulen. Hal ini pun selalu saya utarakan kepada calon imam yang akan membimbing ke keindahan sebuah rumah tangga. Dan bersyukurnya, dirinya juga memilik harapan yang sama seperti apa yang saya utarakan. Inilah sebuah pilihan, setiap orang bebas memilih. :)

ikan mujair saus pedas
Ikan Mujair Saus pedas :)

Setelah kemarin sempat memasak Ceker ayam pedas manis, tentunya di hari yang berbeda harus ada lauk yang berbeda pula, iya biar tidak timbul rasa bosan aja. Menentukan menu makan ketika sudah sampai di pasar, nah ini terkadang menjadi momok masalah, cielah hehehe. Karena yang namanya “bingung” pasti muncul.

Nah disarankan sebelum pergi ke pasar alangkah baiknya kita menentukan menu terlebih dahulu, begitu sesampainya di pasar tinggal menuju ke penjual yang barangnya akan kita beli. Jadi tidak perlu memutari seisi pasar, hitung-hitung hemat waktu soalnya yang di rumah juga menunggu masakan kita jadi. :)

Belajar dari pengalaman, beberapa hari yang lalu saya belum menentukan menu apa hari itu, sampainya di pasar kok iya malah pusing sendiri, mau masak apa.

Beruntunglah, si ide langsung muncul. Melihat ikan mujair yang masih segar, segera saja saya langsung menyambarnya. Untuk uji coba alias permulaan masak ikan mujair kala itu saya hanya membeli Rp. 5.000,00 saja. Takutnya nanti tidak doyan, karena saya kan masih belajar makan ikan. Hehehe

Membeli bukan serta merta langsung bisa membersihkan kotoran si ikan yang ada di perut iya. Hehehe, minta tolong si kucell untuk membersihkan dan memutilasinya :), terkadang saya merasa malu. Seorang perempuan kok nda bisa membersihkan ikan ( dalam bahasa jawa bilangnya “nyisiki”. Tapi bukan ke tidak bisa sih, tapi lebih ke tidak tega memutilasi ikan yang ukurannya lebih kecil dari saya.

Alhasil saya hanya mendapat bagian untuk membumbui dan memasaknya :).  Resep ini sih sebenarnya terinspirasi karena ikan gurame, berhubung tidak ada gurame pakailah si mujair :).

Sedikit berbagi iya untuk resep mujair saus pedas :)
Resep Ikan Munjair Saus Pedas 

Bahan yang dibutuhkan :

  • 7 Ikan mujair segar
  • 2 sendok makan kecap manis
  • ½ buah bawang bombai
  • Minyak untuk menggoreng dan menumis secukupnya


Bumbu halus untuk membumbui ikan munjair yang akan dgoreng :

  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh penyedap rasa
  • ½ sendok teh ketumbar
  • 1 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 1 lembar daun jeruk


Bumbu halus untuk saus pedas :

  • 8 biji cabai rawit (sesuai selera dengan tingkat kepedasan yang berbeda)
  • 2 biji cabai merah
  • 3 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 buah kemiri
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 1cm lengkuas, memarkan
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • 200 ml air


Nah setelah semua bahan tersedia lanjut ke bagaimana cara membuat ikan mujair saus pedas iya :


  1. Pertama kita harus membersihkan ikan mujair segar dengan cara mengambil kotoran di dalam perutnya, dan mencuci bersih.
  2. Setelah itu haluskan bumbu halus untuk menggoreng ikan mulai dari garam, penyedap rasa, ketumbar, bawang, kunyit dan daun jeruk. Nah fungsi si daun jeruk disini bisa menghilangkan bau amis si ikan sahabat.
  3. Jika bumbu sudah halus, lumurkan ke ikan mujair yang sudah dibersihkan tanpa menggunakan air iya. Biar bumbunya bisa meresap sempurna, tambah gurih dan sedap. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. 
  4. Kemudian goreng ikan sampai matang yaitu berwarna kuning kecoklatan.
  5. Sembari menunggu ikan matang, kita bisa membuat sausnya iya. Daripada nunggu lama. Hehehe
  6. Tumis bumbu halus dari cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri lengkuas dan jahe yang sudah dimemarkan, oh ya tambahkan bawang bombai cincang juga iya.
  7. Setelah berbau harum, masukkan air secukupnya dan kecap manis. Barulah menambahkan bumbu kering seperti garam, penyedap rasa, dan gula. Kenapa mesti kecap terlebih dahulu ketimbang bumbu kering?, hal ini karena kecap juga memiliki cita rasa manis. Maka dari itu, takutnya nanti terlalu manis.
  8. Setelah dirasa rasanya pas, kita matikan kompor.
  9. Pemberian  saus sebaiknya saat kita ingin memakannya saja iya :), biar ikannya tidak terlalu lembek.

Nah.. kemarin inilah menu yang juga disukai kucell saya. Pertama buat langsung disukai itu rasanya wow banget gitu lho.. hehehe tapi bukan serta merta membuat saya harus jadi takabur… hehehe

Sebenarnya hanyalah hal yang cukup simpel untuk menghidangkan sesuatu yang sederhana tapi menghasilkan rasa yang istimewa, iyah lagi-lagi gunakanlah hati dan perasaan iya :)

Oh iya ada tips nih mengenai Ciri-ciri ikan segar termasuk ikan mujair , dibawah ini :


  1. Warna kulit terang dan cerah tapi bukan cerah karena pewarna iya, tapi benar-benar warna alami
  2. Daging ikan bila ditekan terasa keras
  3. Mata jernih menonjol dan cembung, biasanya berwarna hitam
  4. Sisik ikan segar masih melekat kuat dan mengkilat, sisik masih utuh tidak banyak yang lepas
  5. Insang berwarna merah
  6. Sirip kuat
  7. Kulit dan daging ikan tidak mudah robek, terutama pada bagian perut. Dan tidak berbau busuk.

ikan mujair :)


Tanda ikan yang sudah membusuk :

  1. Matanya terlihat suram dan tenggelam
  2. Sisik suram dan mudah lepas
  3. Warna kulit suram dengan lendir tebal
  4. Insang berwarna kelabu dengan lendir tebal
  5. Dinding perut lembek
  6. Warna keseluruhan suram dan berbau busuk.

Selain itu ada juga Kandungan Gizi yang bermanfaat pada ikan :

Protein
Kandungan protein ikan lebih tinggi dari protein dikacang-kacangan, setara dengan daging, sedikit dibawah telur
Protein ikan sangat mudah dicerna, sehingga baik bagi balita yang sistem pencernaannya belum sesempuna orang dewasa.
Protein ikan mengandung berbagai bentuk yang mendekati asam amino didalam tubuh manusia.

Lemak
Asam lemak ikan merupakan asam lemak essensial yang sifatnya tidak jenuh. Sehingga sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol.

Vitamin
Vitamin A: banyak terdapat pada minyak hati ikan yang bermanfaat untuk mencegah kebutaan pada mata.
Vitamin D: selain terdapat dalam daging ikan, juga pada telur serta minyak hati ikan. Vitamin ini penting bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang.
Viatamin B6 : membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
Vitamin B12 bermanfaat dalam pembentukan sel-sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung dari kerusakan syaraf.

Mineral
Zat besi: jauh lebih mudah diserap tubuh ketimbang dari sumber lain seperti serealia atau kacang-kacangan. Zat besi membantu mencegah terjadinya anemia.
Yodium: mencegah terjadinya penyakit gondok serat hambatan pertumbuhan anak, bahkan juga kecerdasannya.
Selenium: berperan membantu metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung koroner.
Seng: membantu kerja enzim dan hormone.
Fluor: menguatkan serta menyehatkan gigi si kecil.

Semoga bermanfaat iya ^_^