Halo !!! Saya Tatik Hartanti, ini adalah blog tentang Catatan Kecil Saya

Demi Segelas Susu yang Bermanfaat, Disangka Begal

Hai.. hai .. hai embeng punya cerita nyata tapi lucu juga nih. Seperti biasa melakukan rutinitas kayak emak-emak rumah tangga. Dari yang bangun pagi, pergi ke pasar untuk membeli bahan menu masakan, sampai menyiapkan makanan si kucell.

Semua berawal saat saya pulang dari pasar dengan seabrek bawaan yang ada di bagasi ke si putih. Rempong banget ??? Alhamdulillah nda, justru saya sangat menikmatinya. Nah kebetulan beberapa hari ini ngiler banget pingin minum segelas susu dari sapi perah.  Tetangga ada sih yang jual, tapi begitu penjualnya sampai depan rumah , udah teriak-teriak “pak tumbas…..” lha malah udah habis duluan, aduhh ngempet kangen lagi deh.

Segelas susu
Segelas susu yummy :)
Jadi teringat dulu waktu umuran 6-10 Tahun, almarhum Ayah kalau pagi selalu stay di Lincak (kursi dari bamboo) sekedar untuk menunggu penjual susu sapi lewat, iya walaupun nda setiap hari beli tapi syukur alhamdulilah ketika ada rejeki lebih selalu ada segelas susu sapi, dibagi berdua bareng kakak. Endingnya sih kakak selalu ngalah, segelas susu sepenuhnya milikku, hehehe.

Makanya sampai umur segini pun saya tidak pernah lepas dari susu putih, maupun coklat. Dulu saja sewaktu kerja di sebuah Apotek, yang namanya bekal susu nda pernah terlewat, sampai ada yang bilang “ awak gedhe duwur kok iseh nyusu botol ae” ,, hahaha biarlah yang penting saya nyaman.

Mengingat kejadian itu keinginan untuk meminum segelas susu sapi makin menggebu. Tambah meledak rasa itu ketika melihat ada seorang penjual susu sapi keliling saat pulang dari Pasar. Nah Bapaknya itu tepat di depan saya. Bingung mau memberi kode bahwa saya ingin beli seperti apa.

Timbullah ide, bagaimana kalau di horn berulang kali saja., sudah dicoba tapi bapaknya tidak memberi respon sama sekali hanya terlihat gugup. Tapi jika demikian terus kok kesannya gimana gitu, yang denger juga bakal risi. Akhirnya saya hanya membuntuti Bapak si penjual susu itu dan sesekali berada disampingnya.

Taukah bagaimana muka bapaknya? Takut banget sampai akhirnya bapak itu minggir ke tepi jalan, saya pun mengikutinya. Seperti nafasnya tersengal-sengal karena takut.. hehehe mungkin saja saya di sangka begal kali iya.. . Kan lagi marak-maraknya tuh…

Tak menunggu lama, saya langsung membeli sebotol susu sapi perah yang sudah di idam-idamkankan. Setelah mengantongi, mau tahu senangnya saya?? Aduh bukan lagi senang, girang banget… sampai rumah ngadu sama mamah, saya dapat sebungkus susu sapi.

Mendengar cerita saya tadi, mamah malah ketawa terpingkal-pingkal… uchh jadi malu kan iya :)
susu sapi :)
Och iya.. sekilas info iya sobat manfaat susu untuk tubuh kita itu luar biasa lho... nda percaya?? dipahami aja iya :)

Susu itu mengandung vitamin A vitamin B2 , selain protein juga terdapat macam-macam asam amino yang tentunya sangat penting untuk pertumbuhan tubuh kita. Dengan berkembangnya waktu  , susu sapi kini dijuluki sebagai bahan makanan dengan kandungan vitamin lengkap. Iya seperti lagu sewaktu kita Tk dulu itu lho sobat, 4 sehat 5 sempurna tentunya tau dong iya , hehehe.

Selain itu susu juga sebagai “darah putih” yang membantu kesehatan tubuh manusia. Maka tak heran jika setiap 100 gram susu mengandung protein sebanyak 3,4 gr, panas sebesar 70,5 kilo kalori, 3,7 gr lemak, serta kalsium sebesar 125 gram. Prosentase penyerapan dalam tubuh manusia rata-rata sebesar 98%-100% sehingga susu sapi segar sangat baik bagi tubuh.

Nah untuk sobat yang suka banget mengkonsumsi susu sapi segar segera saja akan ada manfaat yang segera dirasakan.loh… diantaranya ini sobat.

Manfaat Susu Bagi Kesehatan :

  1. Susu mengandung potassium, yang dapat menggerakan dinding pembuluh darah pada saat tekanan darah tinggi untuk menjaganya agar tetap stabil, mengurangi bahaya akibat apopleksi, juga dapat mencegah penyakit darah tinggi dan penyakit jantung.
  2. Nah yang tiba-tiba mual muntah karena keracunan, susu juga dapat menetralisir racun loh…seperti logam, timah dan cadmium dari bahan makanan lain yang diserap oleh tubuh.
  3. ASI (Air Susu Ibu) dan kandungan lemak di dalamnya dapat memperkuat daya tahan fungsi syaraf, mencegah pertumbuhan tumor pada sel tubuh.
  4. Kandungan tyrosine dalam susu dapat mendorong hormon kegembiraan—unsur serum dalam darah tumbuh dalam skala besar.
  5. Kandungan yodium, seng dan leticin dapat meningkatkan secara drastis keefisiensian kerja otak besar.
  6. Zat besi, tembaga dan vitamin A dalam susu mempunyai fungsi terhadap kecantikan, yaitu dapat mempertahankan kulit agar tetap bersinar.
  7. Kalsium susu dapat menambah kekuatan tulang, mencegah tulang menuyusut dan patah tulang.
  8. Kandungan magnesium dalam susu dapat membuat jantung dan sistem syaraf tahan terhadap kelelahan.
  9. Kandungan Seng pada susu sapi dapat menyembuhkan luka dengan cepat.
  10. Yang penghilatannya mulai kurang jelas, Kandungan vitamin B2 di dalam susu sapi dapat meningkatkan ketajaman penglihatan lho.
  11. Minum susu sebelum tidur sangat membantu untuk kita tidur lebih cepat sobat :)

Nah semoga bermanfaat iya sobat infonya :)