Halo !!! Saya Tatik Hartanti, ini adalah blog tentang Catatan Kecil Saya

Nick Vujicic, Motivator Sukses Tanpa Lengan dan Kaki

Apakah tanpa lengan dan kaki bisa sukses?

Motivator Sukses dengan Tubuh Cacat
Nick Vujicic
Temen-temen pasti bertanya-tanya kan? masa sih, bisa sukses tanpa memiliki anggota tubuh yang lengkap. Bukan kah kita hampir tak bisa melakukan aktifitas apa-apa jika tanpa memiliki lengan dan kaki.

Contoh sederhana saja, seorang yang salah satu kakinya ga berfungsi dengan baik. Pasti dia ga bisa berjalan dengan baik. Atau yang lebih kecil dari hal itu, yakni seorang pekerja yang kehilangan satu ruas jarinya karena kecelakaan kerja. Tentunya dia ga bisa bekerja semaksimal mungkin.

Mungkin target yang dia capai lebih sedikit dari teman-temannya yang secara fisik tanpa cacat satu pun. Mungkin temen-temen yang belum pernah bekerja di sebuah pabrik belum begitu tahu soal kecelakaan yang menimpa sebagaian karyawannya. Akan banyak hal yang bisa diceritakan mengenai kejadian-kejadian seperti itu.

Dari kecelakaan kerja yang kecil hingga sampai berujung pada kematian. Saya pribadi tak ada niat untuk menakut-nakuti temen-temen yang ingin bekerja di pabrik. Justru saya ingin memberikan sebuah semangat dan motivasi buat temen-temen. Temen-temen kita di luar sana yang pernah mengalami kecelakaan kerja hingga mengakibatkan tak berfungsinya organ tubuh aja masih bisa semangat kok. Masa kita yang insya Allah tak punya suatu cacat pun ga bisa sesemangat mereka. Apa ga malu?

Dibandingkan dengan mereka yang pernah mengalami kecelakaan kerja, ada seorang dengan kondisi tubuh yang bisa dikatakan maaf, sangat memprihatinkan tapi bisa menjadi orang sukses. Mungkin temen-temen hampir ga percaya dengan apa yang saya katakan. Masa sih saya mem-posting berita bohong. Tentunya saya tak ingin melakukan hal itu. Temen-temen juga ga mau dibohongin kan? Pasti penasaran kan? Siapa sih orang yang bisa sukses tanpa mempunyai lengan dan kaki itu?
Ads by google:

Siapakah Nick Vujicic itu?

Beliau adalah Nicholas James "Nick" Vujicic. Lahir di Melbourne, 4 Desember 1982, seorang motivator dunia dari Benua Kanguru, Australia serta direktur sebuah lembaga yang bernama "Life without Limbs". Sejak lahir Beliau divonis oleh dokter menderita Sindrom Tetra-amelia. Sebuah sindrom yang sangat langka di dunia ini. Meskipun terlahir dengan kekurangan, Beliau mampu memotivasi jutaan manusia di lebih dari 47 negara. Kira-kira seperti apa ya kisah masa lalu Beliau? Pastinya keren untuk disimak. Mari kita simak kisah beliau.

Masa lalu Nick yang pasang surut.

Terlahir dengan kondisi tubuh tanpa lengan dan kaki. Sudah pasti kedua orang tuanya sangat syok dan terkejut. Dengan kelahiran anaknya yang seperti itu, kontan kedua orang tua Nick bertanya-tanya dalam hati, kesalahan besar apa yang telah mereka perbuat sehingga mengakibatkan putranya terlahir tanpa lengan dan kaki.

Masa Kecil Nick
Nick Vujicic Kecil

Seringkali mereka menyalahkan diri atas keadaan putranya. Namun, dengan cinta dan ketulusan yang mereka miliki, Nick dibesarkan dengan sepenuh hati. Mereka pun begitu bahagia ketika Nick kecil tumbuh dengan sehat, lincah, dan ceria. Matanya yang indah serta wajahnya yang tampan mampu memikat hati orangtuanya untuk ikhlas dalam menerima keadaan anaknya. Mereka pun memulai untuk mengajarkan Nick kecil hidup mandiri.

Nick memiliki sebuah telapak kaki kecil di bawah pinggul sebelah kiri. Dengan kaki kecil yang dimiliki Nick, orang tuanya mengajarinya cara menyeimbangkan tubuh, berdiri, bahkan berenang. Dengan ketekunan, kesabaran, dan pantang menyerah, Nick kecil yang pada saat itu berusia 6 tahun berlatih menulis, mengambil barang, mengetik, berenang, main golf, bahkan bermain drum menggunakan mesin drum. Ia menamai kaki kecilnya dengan sebutan "my chicken drumstick".

Tentu sangat sulit bagi Nick untuk menjalani kehidupan. Tetapi orang tuanya selalu bercerita bahwa Tuhan sangat mencintainya. Ketika mulai bersekolah, Nick sadar bahwa keberadaannya sangat lah berbeda dengan teman-temannya. Mereka memiliki tangan dan kaki. Sedangkan Nick tidak. Dengan tubuh yang seperti itu, Nick diejek, diolok-olok, bahkan ditolak dalam pergaulan dengan teman-temannya. Nick merasa kesepian dan hidup sendirian.

Pada usia 8 tahun, Nick mulai depresi. Dia berfikir tak akan bisa hidup bahagia, bisa kerja apa jika tak ada tangan dan kaki. Hingga ia berdoa tiap malam dan mengharapkan keajaiban agar bisa memiliki tangan dan kaki. Namun tak pernah ia dapatkan. Akhirnya dia mencoba untuk putus asa saja. Ketika berumur 10 tahun, dia mencoba untuk bunuh diri dengan cara menenggelamkan tubuhnya ke dalam bak mandi.

Setelah mencoba berkali-kali, akhirnya ia sadar bahwa tak ingin meninggalkan orang-orang yang dicintainya dengan bekas luka yang mendalam. Dengan kasih sayang orang tua dan teman-temannya, Nick pun mencoba untuk tetap melanjutkan hidup.

Pada usia tiga belas tahun ia menyakiti kakinya, yang ia gunakan untuk berbagai hal seperti menulis, mengetik, dan berenang. Cedera yang dibuatnya menyadarkannya bahwa ia harus lebih bersyukur atas kemampuannya dan tak terfokus pada disabilitasnya.

Pada saat berusai 15 tahun dia memutuskan untuk beriman sepenuhnya terhadap Tuhan dan mulai dari situ lah perjalanan yang menakjubkan dimulai.

Seorang petugas kebersihan di sekolah tingginya menginspirasinya untuk mulai menceritakan kepercayaanya dan mengatasi kesulitannya ketika ia berusia 17 tahun. Begitu menginspirasinya sosok seorang petugas kebersihan tadi bagi seorang Nick. Ucapan terima kasih yang berkali-kali diucapkan oleh petugas itu lah yang menginspirasinya untuk melintasi 47 negara dalam acara pembicaraan yang lebih dari 200 kali.

Sambil kuliah dijurusan Accounting dan Financial Planning, dia juga berlatih pada pengembangan kemampuannya sebagai pembicara. Ia berlatih dengan pelatih pembicara yang membantunya untuk menumbuhkannya sebagai seorang presenter.

Dia berbicara pada topik motivasi setelah membuat perusahaan Attitude is altitude. Dia juga meluncurkan pelayanan non-profit, Life without Limbs, untuk menyebarkan pesan-pesan keyakinanya dan memberikan harapan di seluruh dunia.

Kutipan Beliau, "Whoever you are, wherever you’re from and whatever you are dealing with, I hope that you will be inspired by my story and my message. Dream big my friend and never give up. We all make mistakes, but none of us are mistakes. Take one day at a time. Embrace the positive attitudes, perspectives, principles and truths I share, and you too will overcome your own challenges."

Nick Vujicic Quotes
Nick Quotes

Mungkin sosok seorang Nick Vujicic ini bisa menginspirasi kita. Dengan segala kekurangannya, keterbatasannya, dia mampu bangkit dari lika-liku kehidupan yang pahit dan memotivasi jutaan di berbagai negara. Tuhan memang Maha Adil. Tuhan menganugerahi Nick dengan kesabaran, ketabahan, serta kecerdasan yang luar biasa disamping tubuhnya yang kurang lengkap itu. Kita sebagai manusia dengan tubuh yang tak kurang satu pun sudah sepantasnya tergera untuk bisa lebih semangat dalam menjalani kehidupan. Kita tak boleh berburuk sangka terhadap Tuhan. Kita tak pernah tahu apa rencana Tuhan, tapi bukan berarti Tuhan tak bersama kita. Seorang Nick Vujicic saja bisa sukses tanpa lengan dan kaki, masa kita ga bisa. Never Give Up! Oke!

Ga terasa catatan kecil tentang NIck Vujicic udah jadi panjang banget. Berhubung udah panjang banget, akan saya bikin 2 part. Simak part ke 2 tentang kisah Nick Vujicic, Motivator Sukses Tanpa Lengan dan Kaki part 2. Jangan lupa baca kisah inspiratif lainnya di Catatan si Embeng. Ada juga kisah seorang tamatan smp bisa jadi menteri.